Friday, November 21, 2014

TELINGA HARUS SELALU DIBERSIHKAN

Pada pelaksanaan program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang dilakukan di setiap TK Belajar Mandiri, para dokter  selalu melakukan pemeriksaan telinga siswa. Dokter memastikan telinga siswa tidak tersumbat kotoran telinga. Dan mereka akan melakukan tindakan membersihkan telinga siswa yang penuh kotoran. 


Ibu guru memberi obat tetes telinga
 sebelum diperiksa dokter
Beragam kisah siswa yang sembuh dari sakit setelah telinga mereka dibersihkan terus terjadi. Ada siswa yang tidak merespon kepada panggilan guru kecuali sang guru berteriak. Hal yang sama juga dilaporkan oleh orang tua. Pada waktu diperiksa oleh dokter, ternyata banyak sekali kotoran di telinga dan sudah menyumbat lubang telinga. Tidak heran. Pendengarannya kembali normal setelah semua kotoran dikeluarkan. 

Ada pula siswa lain yang sering absen karena sakit panas. Bisa sebulan beberapa kali absen. Ternyata penyebabnya juga sama: kotoran telinga yang sudah menyumbat lubang telinga. Setelah dibersihkan, anak itu kembali sehat dan jarang sekali mengalami panas. 

Dokter Hariadi memeriksa telinga siswa 


Menunjukkan kotoran dari telinga siswi
 Para dokter harus selalu melakukan pemeriksaan telinga, karena para orang tua sering lalai  membersihkan telinga anaknya. 

Jadi, adalah hal yang penting untuk menjaga kebersihan telinga anak kita. 







No comments:

Post a Comment