Friday, September 28, 2012

Mencerahkan para sahabat di Sumba Timur

Setelah menyelenggarakan pelatihan bagi para mitra di Jakarta, Yayasan Bina Mandiri Indonesia mendapat kesempatan untuk berbagi kepada para sahabat di Sumba Timur melalui pelatihan Guru dan pelatihan Kurikulum di desa Kawangu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur antara tanggal 27/8  - 5/9 2012. 


Suasana pelatihan yang meriah 
 Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara Yayasan Bina Mandiri Indonesia  dengan World Vision Indonesia di Sumba Timur, yang dipimpin oleh Bpk. Amsal Ginting. 


Pelatihan diikuti oleh 28 peserta dari beberapa TK dari desa yang berlainan seperti desa Kadahang,  Kombapari,  Ripu dsb. Sebagian besar peserta adalah guru yang sudah mengajar, namun belum pernah mendapat pelatihan.  
Beberapa peserta adalah orang pribadi yang  berkomitmen membuka PAUD/ TK, karena melihat kebutuhan yang besar sekali di desa masing-masing. 
Praktek mengajar - menenangkan "murid"

Praktek mengajar - mengendalikan "murid yang nakal"
Pelatihan ini berisi teori dan praktek. Peserta harus mempraktekkan apa yang sudah dipelajari dalam simulasi kelas. 
Salah satu sesi pelatihan adalah  bagaimana membuat Alat Permainan Edukatif (APE) dari bahan - bahan yang ada di sekitar lingkungan dan mudah ditemukan.
Memperagakan APE yang sudah dibuat
Setelah berjerih lelah selama 8 hari memeras tenaga dan pikiran mengikuti pelatihan - tibalah hari terakhir pelatihan. Kepada tiap peserta dibagikan sertifikat. Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Bp. Amsal Ginting dan ibu Mesida - fasilitator Yayasan Bina Mandiri. 
Penyerahan sertifikat oleh Bp. Amsal Ginting 
Bangga memperlihatkan hasil jerih lelah
selama 8 hari pelatihan
Selamat kepada setiap peserta yang sudah mengikuti pelatihan dengan antusiasme yang tinggi, ketetapan hati untuk tetap bertahan walaupun lelah dan mengantuk serta keingintahuan yang tinggi untuk belajar. Selamat mengajar dengan lebih baik bagi anak didik di Sumba Timur!
Wajah - wajah ceria dan  penuh tekad untuk memberikan yang terbaik
bagi anak didik di Sumba Timur




2 comments:

  1. Kreatif, membantu mempercepat kemajuan daerah/desa terutama dunia pendidikan.
    Saya jadi ingin ikut juga...

    ReplyDelete
  2. apakah Bapak Wesley Panggalo mempunyai no yang dapat dihubungi ?

    ReplyDelete