Wednesday, October 17, 2012

Program Pendampingan di Desa Kadahang

Setelah menyelesaikan  pelatihan guru dan kurikulum di Desa Kawangu (lihat tulisan sebelum ini), maka Yayasan Bina Mandiri Indonesia mengadakan pendampingan di 3 desa yaitu desa Kadahang, Kawangu dan Kombapari.  

Di desa Kadahang terdapat sekolah TK yang diprakarsai oleh ibu Ance, istri dari seorang tokoh masyarakat di sana yaitu bapak Andrias. Sekolah ini dimulai pada tahun 2008, sebagai wujud dari keprihatinan pasangan suami istri ini terhadap rendahnya mutu pendidikan anak - anak di desa mereka. 


Murid TK sedang belajar di salah satu TK (tampak dalam) 
Salah satu TK - tampak luar
TK lain yang dikelola oleh ibu An

suasana belajar dalam TK 


Praktek mengajar di luar kelas
Proses pendampingan dilakukan kepada 6 guru. Proses pendampingan dimulai dengan fasilitator memberikan contoh mengajar lebih dahulu yang disaksikan oleh para guru.

Setelah itu, setiap guru mendapat kesempatan mempraktekkan apa yang dipelajari. Fasilitator lalu memberikan umpan balik kepada setiap guru. 
praktek mengajar dalam kelas

Selesai mengajar, para guru melanjutkan kegiatan dengan  membuat Rencana Kegiatan Harian yaitu rencana  yang akan mereka ajarkan esok hari. Terkadang diskusi berlanjut sampai malam hari. Hal ini dimungkinkan karena Fasilitator dan para guru selama proses pendampingan tinggal menginap di rumah bu An. 
Fasilitator Yayasan Bina Mandiri
Melalui proses pendampingan yang intens ini, maka kualitas guru menjadi meningkat. 

Selamat mengajar para guru! 

No comments:

Post a Comment