Wednesday, October 24, 2012

Program Cuci Tangan Pakai Sabun


15 OKTOBER : HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEDUNIA 


Tanggal 15 Oktober ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) sebagai hari Cuci Tangan Pakai Sabun   (CTPS) Sedunia. Pertanyaannya adalah : apa yang membuat cuci tangan pakai sabun sebagai aktivitas yang penting sehingga sampai PBB memperingatinya setiap tahun? 

Ternyata CTPS merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit yang menjadi penyebab kematian anak balita yaitu diare dan pneumonia. Lebih dari 200 jiwa anak balita meninggal setiap jamnya di seluruh dunia akibat 2 penyakit ini. Penyakit lain yang dicegah penularannya dengan tindakan CTPS adalah : cacingan, flu, penyakit kulit, dan infeksi saluran pernafasan. 

Kapan waktu mencuci tangan pakai sabun? Beberapa kegiatan yang harus diakhiri dengan mencuci tangan:
  • sesudah menceboki bayi / anak, 
  • sesudah Buang Air Besar, 
  • sesudah memegang binatang/ unggas, 
  • sesudah membersihkan / membuang sampah, 
  • sesudah bermain di lantai atau tanah
  • sesudah bersin / batuk - dimana kita menutup hidung / mulut dengan tangan 
Beberapa kegiatan yang harus diawali dengan mencuci tangan:
  • sebelum makan 
  • sebelum menyiapkan makanan 
  • sebelum menyusui bayi atau membuat susu bagi bayi. 
Murid-murid TK Rawa Sengon
sedang mencuci tangan
CTPS demikian penting bagi kesehatan anak balita. Tantangannya adalah adalah menjadikan CTPS sebagai kebiasaan / budaya yang melekat dalam pikiran anak anak. 

Salah satu program sekolah TK Belajar Mandiri setiap tahunnnya adalah Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang meliputi 2 kegiatan yaitu mencuci tangan pakai sabun dan menggosok gigi. Kedua kegiatan ini dilakukan setiap hari di kelas. Tujuannya adalah untuk membangun budaya cuci tangan dan menggosok gigi dalam diri anak murid TK Belajar Mandiri. 




Murid TK Belajar Mandiri di desa Hiliamaeta 
(Nias) mencuci tangan

Murid TK Belajar Mandiri di Nalo














Setiap hari, seluruh murid  mempraktekkan cuci tangan pakai sabun terutama pada saat sebelum makan dan sesudah dari  toilet.

Kami melakukan sosialisasi CTPS kepada para orang tua murid dalam program Wajib Belajar Bersama  yang digelar pada tanggal 15 Oktober 2012. Orang tua murid harus mengetahui pentingnya CTPS ini dan mempraktekkannya di rumah, serta mendukung anak mencuci tangan di rumah. 

Orang tua amat senang dengan sosialisasi ini.  Beberapa orang tua murid  melaporkan, ternyata anak anak mereka sangat antusias mencuci tangan di rumah. Anak mereka yang biasanya lupa, sudah dapat otomatis mencuci tangannya tanpa disuruh orang tua. Ada juga murid TK yang malah mengingatkan orang tuanya bila makan tanpa mencuci tangan terlebih dulu. Hebat! 

Ayo, anak Indonesia - makin sehat dengan cuci tangan pakai sabun! 


No comments:

Post a Comment

Post a Comment