Wednesday, November 14, 2012

PELATIHAN GURU DAN KURIKULUM TK DI NIAS

Yayasan Bina Mandiri Indonesia (YBMI) mengoperasikan 5 buah TK di pulau Nias, tepatnya di Nias Utara. 

Pada tanggal 15-25 Oktober 2012, YBMI mengadakan pelatihan guru dan pelatihan kurikulum bagi 11 guru TK Belajar Mandiri di Nias. 


Suasana pelatihan
Dan sebagai perwujudan misi YBMI yaitu memperluas akses sekolah TK bagi anak - anak masyarakat prasejahtera, maka kami  mengundang guru -  guru TK di sekitar sekolah TK Belajar Mandiri untuk ikut serta dalam pelatihan. 
Sedang sibuk membuat APE 

Hasil karya 

Membuat RKM dan RKH 
Sekitar 19 orang guru dari luar YBMI menyambut undangan pelatihan dan mendaftar untuk ikut serta. Namun pada saat pelatihan ternyata banyak kendala yang dihadapi, antara lain cuaca yang kurang bersahabat - hampir setiap hari hujan turun. 

Akibatnya, jumlah peserta dari luar YBMI berkurang menjadi 9 orang (pada pelatihan guru) dan 7 orang pada pelatihan kurikulum dari 4 TK yaitu : TK Bethel Sukacita, PAUD Gewa, TK Nafiri Kasih, PAUD Bawodobara, dan TK Harapan Negeri (TK yang didirikan oleh Pemda setempat). 

Kesaksian Peserta: 
 Saya senang sekali mengikuti pelatihan guru-guru TK yang diadakan oleh Yayasan Bina Mandiri Indoesia, karena  mendapat pelajaran yang belum pernah saya dapatkan, khususnya dalam menangani anak-anak TK. Yang sangat berkesan adalah materi “Keterampilan memberikan Penguatan”, guru harus memberikan dorongan/motivasi kepada anak-anak terus-menerus tanpa menyerah. Juga pengalaman-pengalaman dalam mengajar  dan mendidik anak-anak yang dibagikan oleh fasiitator itu sangat berharga bagi kami. (Debi,guru TK Nafiri Kasih)

Selama saya menjadi guru di Nias, belum ada Yayasan yang mengadakan pelatihan seperti ini yang khusus untuk guru-guru PAUD/TK. Saya senang sekali bisa mengikuti pelatihan kurikulum ini. Karena ada banyak metode pembelajaran dan cara pembuatan kurikulum dan menyusun RKM dan RKH yang dibagikan oleh fasilitator. (Marselina guru TK. Nafiri Kasih)

       Sebelumnya saya tidak tahu sama sekali bagaimana cara mengajar & mendidik anak usia TK/PAUD. Juga tidak tahu bagaimana membuat RKM dan RKH. Saya sangat senang diundang dalam pelatihan ini. Dan setelah mengikuti pelatihan ini, saya sangat diberkati, akhirnya saya bisa membuat RKM dan RKH (Ifentasi guru dari TK. Harapan Negeri). 


Saya sangat diberkati oleh ibu-ibu fasilitator, karena melalui mereka saya mendapat bekal yang baik dan bagaimana cara menyampaikan materi saat mengajar anak-anak usia dini. (Yadiria guru PAUD Bawodobara)



Selamat kepada para peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan. Selamat menjadi berkat bagi anak didik di Nias! 

No comments:

Post a Comment